Penertiban Impor Borongan Oleh Ditjen BC

Penertiban Impor Borongan Oleh Ditjen BC

Memang pada prakteknya para importir nakal masih saja mencari cara untuk bisa melakukan penyelundupan barang yang memang menyalahi aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga pemerintah mulai untuk melakukan penertiban para importir tersebut agar dapat mulai mengikuti aturan yang telah ditentukan. Dengan begitu berbagai resiko dari penyelundupan barang dapat diminimalisasi sebaik mungkin.

Penertiban Ditjen Bea Cukai Untuk Importir

Impor beresiko tinggi atau bisa dikatakan sebagai impor borongan memang sudah mulai ditata kembali oleh pihak Ditjen Bea Cukai dari Kementerian Keuangan sejak tahun 2017 lalu. Ternyata hal tersebut cukup berdampak pada begitu banyak importir dengan data ada 91 importir yang akhirnya mulai untuk melakukan berbagai kegiatan pengiriman barang ke luar negeri sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Pihak Direktorat Jenderal menyampaikan bahwa adanya penertiban terhadap importir terkait impor borongan ini memberikan kontribusi setoran perpajakan hingga 80%. Bahkan penjualan industri dalam negeri juga mengalami peningkatan sebanyak 30% karena memang ada suplai dari impor borongan. Tidak hanya itu, industri dalam negeri juga semakin meningkatkan kapasitas produksinya karena adanya penambahan mesin dan sektor lainnya.

Tindakan ini memang terus dikembangkan oleh pihak pemerintah agar para importir benar-benar memperhatikan masalah aturan yang telah diberlakukan di Indonesia. Dengan begitu mereka akan aman dari penertiban atau bahkan diblokir dan berbagai ancaman lainnya jika sampai melanggar dan tidak memperhatikan aturan yang berlaku. Untuk langkah yang lebih aman maka anda bisa menggunakan jasa import resmi Jakarta yang memang sudah profesional.

Penertiban Impor Beresiko Tinggi Menurut Pengamat

Adanya penertiban yang dilakukan oleh pihak pemerintah memang mendapatkan banyak dukungan positif terutama dari para pengamat. Banyak yang beranggapan dengan adanya penertiban ini akhirnya ikut membantu menciptakan iklim usaha terutama dalam pengiriman barang yang sehat dan positif. Yustinus Prastowo sebagai salah satu pengamat juga menyampaikan bahwa bea cukai dapat bertindak sebagai fasilitator dan protektor untuk ekonomi serta perdagangan di Indonesia.

Berikut beberapa hasil pendapat dari para pengamat terkait penertiban impor beresiko tinggi yang dilakukan oleh Ditjen Bea Cukai yaitu:

Langkah penertiban untuk impor beresiko tinggi ini memang menjadi langkah yang takis dan bersinergi. Keputusan ini memang sangat tepat untuk diambil pihak pemerintah.

Bea cukai mampu menjadi leader untuk langkah perbaikan ekonomi secara struktural sehingga menjadi salah satu bagian penting dalam reformasi kepabeanan dan cukai.

Adanya komitmen untuk langkah perubahan yang terus dikembangkan terutama untuk penegakan hukum secara internal yang salah satunya dilakukan dengan langkah penertiban ini.

Pihak pemerintah tidak segan-segan memberikan sanksi tegas untuk para importir nakal yang masih saja melakukan impor borongan atau beresiko tinggi. Meskipun memang masih ada banyak jumlah importir nakal yang masih berkeliaran, namun pelaksanaan penertiban ini memang sudah membuahkan hasil yang optimal sesuai harapan. Tinggal bagaimana nantinya sanksi ini terus dikembangkan untuk menemukan lebih banyak lagi importir nakal tersebut.

Penerapan penertiban yang dilakukan secara konsisten dan terus dikembangkan setiap kasus yang ditemukan maka akan menciptakan iklim yang baik. Tidak hanya untuk pihak pemerintah tetapi ketertiban tersebut juga akan terus menular pada stakeholder dan pelaku pengiriman barang impor itu sendiri. Sehingga nantinya akan ada tindakan perubahan yang dilakukan oleh importir itu sendiri tanpa perlu diberikan sanksi terlebih dahulu.

alt text

Optimalisasi Peraturan Penertiban Impor Borongan

Dari data yang sebelumnya sudah dimiliki oleh Kementerian Keuangan, ada sekitar 1300 sampai 1500 importir yang melakukan impor beresiko tingi. Dengan adanya jumlah tersebut maka diperkirakan ada 4,7% barang yang diimpor dari total keseluruhan volume impor yang ada di Indonesia. Memang jika diperhatikan jumlah yang didapatkan tidak terlalu besar, namun tentu saja jika terus dibiarkan tidak menutup kemungkinan penambahan jumlah.

Mengingat impor beresiko tinggi ini juga memiliki peluang unuk diselewengkan lebih besar dan menimbulkan resiko lainnya. Dengan beredarnya barang ilegal karena kegiatan tersebut maka akhirnya akan terjadi persaingan usaha yang tidak sehat dan tentu saja penerimaan negara dari barang impor tersebut menjadi tidak optimal. Sehingga meskipun jumlahnya sedikit tetap harus ditindak lanjuti secara serius agar tidak berdampak semakin besar.

Ada beberapa langkah optimalisasi yang dilakukan oleh pihak pemerintah yaitu sebagai berikut:

Perbaikan dari Undang-Undang yang menjadi dasar aturan terkait kepabeanan. Di dalamnya sudah dijelaskan berbagai pelanggaran yang dapat terjadi berikut dengan sanksi yang akan diberikan. Sehingga memang ada baiknya hal ini benar-benar dipahami oleh pihak importir agar mengerti batasan yang boleh dan tidak dilakukan.

Penegakan hukum yang diberlakukan terhadap importir nakal tentunya disesuaikan dengan peraturan perundangan yang telah ditentukan sebelumnya. Sehingga setiap pelanggaran yang telah dilakukan oleh importir harus segera diberikan hukuman sesuai dengan aturan yang berlaku.

Adanya usaha untuk melakukan peningkatan integritas dari pegawai yang terus dilakukan secara berkelanjutan. Sehingga adanya bimbingan untuk para pegawai yang terlibat di dalamnya memang harus dilakukan secara optimal dan menyeluruh sehingga mereka juga tidak tergiur untuk mencari keuntungan pribadi.

Berusaha untuk meningkatkan sinergi antar instansi pemerintah dengan pemimpin instansi. Dengan begitu oknum yang ingin mencari keuntungannya sendiri dengan memanfaatkan jabatan yang dimiliki tentu saja bisa lebih diminimalisasi. Sinergi ini bisa dimaksimalkan dengan cara menyamakan persepsi akan pentingnya penertiban impor borongan atau beresiko tinggi demi kepentingan negara.

Adanya beberapa langkah optimalisasi yang dilakukan oleh pemerintah ini memang ternyata memberikan dampak yang luar biasa untuk iklim usaha terutama di impor barang. Jadi tidak perlu khawatir untuk importir yang jujur karena sudah tentu pihak yang menyalahi aturan akan benar-benar diberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. Untuk memaksimalkan keberhasilannya tentu dalam penertiban juga harus didukung oleh berbagai pihak terkait.

Pembangunan sinergi yang baik antara pemerintah dengan instansi serta penegak hukum lainnya tentu menjadi bagian yang menyukseskan proses penertiban importir nakal ini. Penggunaan jasa yang profesional menjadi jawaban bagi anda untuk bisa menjamin keamanan dalam melakukan pengiriman barang apalagi impor barang beresiko tinggi. Jadi jangan sembarangan mempercayakan hal tersebut pada jasa lainnya.

Pemahaman Importir Terkait Barang Impor Borongan

Pihak Direktorat Jenderal Bea Cukai melakukan sosialisasi secara lebih jelas mengenai berbagai kegiatan yang berkaitan dengan proses impor. Hal tersebut tentunya yang paling penting untuk diperhatikan adalah barang apa saja yang bisa dikategorikan sebagai impor borongan atau beresiko tinggi. Tentunya pemahaman dari para importir menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Tetapi pengurus Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia atau GINSI menyampaikan bahwa sosialisasi terkait aturan tersebut memang masih belum sepenuhnya optimal atau dapat diterima semua importir. Adanya kondisi ini memang cukup membuat para importir merasa resah jika sampai dikategorikan sebagai kegiatan impor barang yang beresiko tinggi. Sehingga memang dibutuhkan adanya sosialisasi yang lebih menyeluruh untuk setiap importir yang ada di Indonesia.

Berikut beberapa barang yang dianggap sebagai impor beresiko tinggi yang juga sering diselundupkan, yaitu:

Produk elektronik, tekstil dan produk konsumsi lainnya yang dikirim secara borongan. Mungkin barang-barang tersebut merupakan produk yang biasa atau bahkan tidak terlarang, namun jika proses pengirimannya tidak sesuai dengan aturan yang berlaku tentu perlu menjadi perhatian.

Adanya banyak jenis barang yang masuk dalam satu kontainer, sehingga hal tersebut akan membutuhkan penanganan khusus untuk pemeriksaan.

Barang-barang lainnya yang memang memiliki resiko tinggi jika diimpor dan merupakan salah satu jenis yang dilarang dalam peraturan kepabean.

Adanya impor beresiko tinggi ini dapat memberikan dampak terhadap pengurangan dwelling time yang sulit untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan transparansi barang yang ada dalam satu kontainer memang tidak sejenis. Selain itu, importir nakal yang belum mau mengikuti aturan terus melakukan penyelundupan meskipun mengetahui hal itu merupakan tindakan yang beresiko tinggi.

Proses penyelundupan yang dilakukan oleh importir tersebut memang memiliki begitu banyak modus yang sering digunakan. Bahkan mereka juga tidak ragu untuk melakukan sebagian penyelundupan barang hingga melibatkan oknum aparat di dalamnya. Sehingga hal-hal seperti ini memang harus terus diberantas semaksimal mungkin agar tercipta suasana usaha dan persaingan sehat yang ada di dalamnya sesuai dengan harapan pemerintah dengan aturan yang ditetapkan.

alt text

Resiko yang Dihadapi Para Importir

Menjadi seorang importir memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena memang ada berbagai hal yang harus diperhatikan dengan baik. Namun ada beberapa hal yang menjadi resiko paling ditakuti oleh para importir terutama yang mengembangkan usahanya secara jujur. Sehingga hal ini juga memang perlu diperhatikan dengan baik oleh para importir agar tidak sampai melakukan kesalahan.

Berikut beberapa resiko yang paling ditakuti para importir yaitu:
Barang yang tidak sampai ke lokasi tujuan yang telah ditentukan, tentu saja jika ini adalah kesalahan dari pihak anda maka harus dipertanggungjawabkan barang yang tidak sampai tersebut.

Red line biasanya terjadi pada kasus impor borongan, sehingga akhirnya barang yang diimpor bahkan bisa menunggu hingga 3 bulan untuk akhirnya dikirimkan ke lokasi tujuan. Untuk mengatasi hal tersebut maka anda bisa menggunakan jasa Forwarding Jakarta untuk membantu mengirimkan barang impor karena merupakan jasa yang resmi, meskipun memang anda harus mengeluarkan budget lebih besar namun sudah tentu berkualitas terpercaya pengirimannya.

Barang yang ditahan oleh pihak bea cukai karena melanggar aturan yang ada. Namun jika anda menggunakan jasa khusus maka barang tersebut akan lebih cepat keluar dari pemeriksaan bea cukai tanpa ditahan.

Jumlah barang yang kurang atau tidak sesuai pemesanan, tentu juga harus diperhatikan hal tersebut adalah kesalahan dari pihak mana. Tentunya harus ada solusi dan kesepakatan untuk mengatur masalah ini antara pihak yang mengirim dan menerima, sehingga ada titik tengah yang ditemukan untuk mengatasi masalah ini.

Spesifikasi barang yang didapatkan tidak sesuai dengan apa yang dipesan, sehingga memang perlu ada solusi tepat untuk masalah semacam ini yang dialami oleh para importir

Beberapa hal tersebut memang bisa diminimalisasi dengan berbagai cara namun tetap memiliki peluang terjadi. Maka importir harus benar-benar memperhatikan segala detail dengan baik untuk menghindari resiko-resiko tersebut. Penggunaan jasa yang terpilih dan terpercaya tentu menjadi langkah penting yang harus anda perhatikan dengan baik agar tidak sampai merugikan pihak anda sebagai importir, apalagi jumlah uangnya tentu besar.

Solusi Pemerintah Untuk Importir Beresiko Tinggi

Tentunya pihak pemerintah tidak begitu saja memberikan sanksi pada pelaku importir beresiko tinggi tanpa adanya solusi lain. Setelah diberlakukannya penertiban selama beberapa bulan memang ada peningkatan industri lokal sebanyak 30%. Tentunya hal tersebut juga sudah menjadi pencapaian yang lumayan untuk didapatkan dan tidak mudah mencapai angka tersebut. Sehingga perlu diacungi jempol keputusan pemerintah melakukan penertiban impor beresiko tinggi.

Para importir beresiko tinggi biasanya melakukan kecurangan dengan memberikan laporan nilai barang lebih rendah dari yang seharusnya. Sehingga dengan adanya penertiban maka akhirnya marketshare yang sebelumnya mereka kuasai bisa terbagi dengan sektor usaha lainnya. Pihak pemerintah juga menawarkan adanya berbagai solusi untuk bisa menjaga adanya pasokan dalam negeri untuk pelaku industri jika memang sebelumnya menggunakan barang dari importir borongan.

Berikut beberapa poin penting yang perlu untuk anda perhatikan dengan baik, yaitu:
Pihak bea cukai akan sangat mendukung kegiatan impor dilakukan secara legal. Dengan begitu anda juga akan semakin mudah untuk bisa mengaturnya sebaik mungkin.

Para importir harus benar-benar tertib terhadap aturan yang telah ditentukan, serta memperhatikan laporan nilai barang harus dilakukan dengan sebenar-benarnya. Mungkin terkesan sebagai pelanggaran yang sepele, tetapi hal ini dapat berdampak besar dan seringkali diabaikan oleh para importir nakal yang tidak bertanggung jawab.

Diharapkan untuk para importir juga ikut membantu dalam pengembangan industri kecil menengah. Tidak hanya itu, tetapi pemerintah juga meningkatkan adanya kerjasama sebagai bentuk dukungan yang diberikan untuk proses pengembangan industri agar dapat berjalan secara optimal

Memperhatikan aturan yang sudah ditentukan oleh pihak bea cukai memang menjadi hal utama yang perlu untuk anda perhatikan dengan baik. Ini menjadi langkah awal yang sangat penting untuk dilakukan agar dapat menghindari semaksimal mungkin berbagai resiko hingga ancaman sanksi sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku. Sehingga nantinya usaha importir anda akan jauh lebih aman dan nyaman.

Rapat koordinasi terus dilakukan untuk bisa mengembangkan tindakan yang memang diperlukan untuk mengatasi masalah impor borongan ini. Pelaporan yang jelas dan tepat sesuai dengan keadaan di lapangan memang harus benar-benar diperhatikan oleh setiap pihak yang terkait. Sehingga nantinya tidak ada yang kecolongan atau akhirnya mengambil kesempatan untuk bisa menyelundupkan barang berapa pun itu jumlahnya.

Menjadi importir memang seakan penuh dengan keuntungan yang besar dan menyenangkan. Padahal sebenarnya cukup sulit karena ada berbagai hal yang harus diperhatikan dengan baik dan dicatat serapi mungkin agar tidak sampai terlupakan. Penting juga untuk anda memperhatikan jasa yang akan digunakan sebagai bantuan untuk melakukan pengiriman barang impor sesuai kebutuhan anda masing-masing, dengan begitu pekerjaan anda juga menjadi lebih mudah.

Industri lokal memang harus benar-benar didukung agar meskipun perlahan tetap mengalami peningkatan secara optimal. Hal ini tidak akan tercapai secara optimal dan menyeluruh jika tidak didukung oleh berbagai pihak termasuk pemerintah, stakeholder hingga para pelaku importir yang ada di Indonesia. Sinergi yang mampu diciptakan memang akan memberikan dampak yang besar dan menguntungkan untuk begitu banyak pihak jika diupayakan secara maksimal.
新聞 Penertiban Impor Borongan Oleh Ditjen BC

Latest 新聞

Langkah Tegas Bea Cukai Mengatasi PenyelundupanLangkah Tegas Bea Cukai Mengatasi Penyelundupan
Tindak pidana penyelundupan akan dipenjara selama maksimal 10 tahun ditambah denda sampai 5 miliar rupiah.
Penyelundupan Barang yang Semakin Marak di Indonesia
Kasus penyelundupan kian hari kian bertambah dan ada berbagai jenis barang yang diselundupkan.
Penertiban Impor Borongan Oleh Ditjen BC
Pemerintah mulai untuk melakukan penertiban import boronga yang marak dilakukan.
Logo Kirimanku
Alamat Kami
Jl. Sunter Pulo Kecil Blok A3 No. 4, Rt. 02 Rw. 10, Kel. Sunter Jaya, Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI Jakarta, 14360
Social Media
Copyright © 2021 - PT Triyasa Cipta Multimoda.,
Jasa Pembuatan Website by IKT