Memahami Kebijakan Pemerintah Dalam Perdagangan Internasional

Memahami Kebijakan Pemerintah Dalam Perdagangan Internasional

Dalam setiap perdagangan internasional, aturan hukumnya dapat berubah dalam sekejap mata. Setiap aturan bisa membawa perubahan yang cukup signifikan. Apakah anda siap menerima setiap perubahan ini?

Bagi pemain di dunia eksport dan import, adanya kebijakan baru dari pemerintah bisa membawa 3 hal, yaitu:

Tidak Berpengaruh Apapun

Biasanya terjadi karena kebijakan tersebut tidak menyentuh sektor yang dimainkan. Misalkan kebijakan eksport ikan, akan sangat jarang mengimbas pada pemain di sektor otomotif.

Keuntungan Besar

Biasanya terjadi ketika sebuah kebijakan menjadikan biaya eksport ataupun import turun secara drastis. Atau ketika suatu barang dan jasa tiba-tiba menjadi sangat dibutuhkan karena barang lain mengalami pencekalan.

Kerugian Besar

Biasanya terjadi karena pemerintah melakukan pencekalan terhadap suatu produk barang dan jasa. Hal ini menyebabkan importer maupun eksportir besar harus gigit jari karena tiba-tiba barang tak bisa dipasarkan.

Namun pada dasarnya kebijakan pemerintah tersebut jika diolah dengan baik bisa selalu memberikan keuntungan bagi pemain eksport maupun import.

Pertanyaannya tentu adalah bagaimana memahami kebijakan pemerintah dan menjadikannya sarana dalam menggenjot profit di bisnis perdagangan internasional.
Untuk melakukannya ada beberapa hal yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

Bermain Spekulasi

Kebijakan pemerintah menjadi bisnis spekulasi barang apa yang akan menjadi “hot commodity” dengan adanya kebijakan tersebut.

Contoh kasus dalam bermain spekulasi adalah bagaimana pengepul beras mengumpulkan beras dalam jumlah besar untuk dinaikkan harganya ketika pemerintah diyakini akan menutup keran import beras.

Contoh lain adalah bagaimana pemain daging sapi import mengimport daging sebanyak-banyaknya sebelum pemerintah memutuskan stop sapi import. Keputusan mengepul daging ini cukup menguntungkan karena harga daging sapi tiba-tiba melonjak 70% dari harga awal.

Namun permainan spekulasi ini cukup beresiko. Oleh sebab itu, pastikan bahwa anda memahami bahwa spekulasi dapat memberikan keuntungan, namun bisa juga memberikan kerugian besar.

Hindari Hal-Hal yang Menjadi Desas Desus

Dalam dunia dagang, sebuah isu bisa merupakan hal yang tidak benar. Namun tidak jarang merupakan sesuatu yang benar-benar terjadi di kemudian hari.

Oleh sebab itu, sebuah desas desus sekecil apapun mengenai adanya kebijakan baru dalam eksport dan import harus dipahami dan diantisipasi sedemikian rupa. Bagaimana caranya?

Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan konsultasi kepada konsultan jasa import resmi jakarta.Untuk memahami kebijakan pemerintah dalam dunia eksport import, penting rasanya untuk memahami dasar-dasarnya. Terutama kebijakan apa saja yang sudah diambil negara selama ini.

Kebijakan Pemerintah Terkait Eksport Import di Indonesia

Adapun beberapa kebijakan eksport yang sudah terjadi di Indonesia antara lain adalah:

Kebijakan Perpajakan

Kebijakan ini berbantuk hal-hal yang berkaitan dengan pengenaan pajak pada proses eksport. Adapun bentuk kebijakan ini antara lain:

Pembebasan pajak

Peringanan besaran pajak

Pengembalian pajak yang sudah disetorkan

Pengenaan pajak untuk barang eksport tertentu

Kebiajakan pajak merupakan kasus yang paling sering terjadi dan mempengaruhi perdagangan secara keseluruhan. Naik turunnya pajak dapat mempengaruhi hal-hal seperti:

Biaya transportasi dan distribusi barang

Lama pengiriman barang

Fluktuasi harga barang

Dan peningkatan (ataupun penurunan) eksport maupun import

Jika diibaratkan, besaran pajak sama seperti harga BBM premium di masyarakat. Naik turunnya harga dapat menyebabkan fluktuasi harga yang sulit dikendalikan.

Kebijakan Fasilitas Perbankan yang Mudah dan Murah

Pada kenyataannya dunia import dan eksport memang memberikan keuntungan yang sangat besar. Namun di sisi lain masih banyak pelaku eksport import yang sebenarnya tidak memiliki modal yang mencukupi.

Sebagai salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap perkembangan dunia perdagangan dalam dan luar negeri, pemerintah mendorong perbankan untuk melakukan pembiayaan. Adapun jenis pembiayaan tersebut meliputi:

Permodalan eksport import barang

Penyediaan konsultasi keuangan khususnya konsultasi bisnis

Pembiayaan jika melakukan eksport maupun import akan barang-barang tertentu.

Walaupun terlihat sederhana, namun nyatanya kebijakan perbankan ini mampu meningkatkan peran eksport dan import dalam menstimulus pendapatan negara dari sector perdagangan internasional.

alt text

Kebijakan Prosedur dan Tata Laksana Eksport yang Relatif Lebih Mudah dan Murah

Kebijakan pemerintah tidak hanya mengenai biaya dan pajak. Prosedur yang harus dilalui eksportir ataupun importir menjadi sebuah kebijakan pemerintah yang mempengaruhi secara signifikan.Ada beberapa kebijakan pemerintah dalam hal prosedur ini, di antaranya adalah:

Kebijakan 1 pintu dalam pengurusan izin import barang tertentu

Kebijakan prosedur check keamanan barang-barang tertentu

Penghapusan kebutuhan akan dokumen-dokumen tertentu dan diganti dengan dokumen lain

Kebijakan prosedur ini terkadang sangat menguntungkan, namun tidak jarang juga merugikan para pemain eksport maupun import. Namun demikian, setiap prosedur dan dokumen harus dilakukan dengan semestinya. Hal ini agar tidak ada hambatan selama pengiriman barang nantinya.

Pemberian Subsidi pada Kegiatan Eksport Maupun Import

Untuk menstimulasi peningkatan kegiatan eksport maupun import, pemerintah kerap memberikan subsidi pada barang-barang tertentu. Adapun subsidi yang diberikan di antaranya seperti:

Pemberian sertifikat eksport

Pemberian keringanan pajak

Pemberian bantuan shipping

Dan subsidi bahan bakar kepada beberapa kapal angkut

Untuk masalah kebijakan pemerintah yang satu ini sebenarnya sangat menguntungkan para eksportir maupun importir. Namun tak jarang kebijakan ini tidak menyeluruh. Artinya, yang menerima hanya produk tertentu, atau pihak tertentu sesuai dengan kebijakan pemerintah. Artinya harus dipahami bisa saja anda tidak menerima subsidi, namun competitor usaha anda justru mendapatkan banyak manfaat dari adanya kebijakan ini.

Pembentukan Asosiasi Eksportir

Kebijakan pemerintah untuk adanya pembentukan asosiasi eksportir sangat bermanfaat baik bagi para importir, eksportit, pemerintah, dan pihak terkait dalam industry ini.Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya pembentukan asosiasi adalah:

Mudah mendapatkan informasi seputar perubahan aturan dalam dunia eksport-import

Menjalin kerjasama dalam proses eksport import antar pihak terkait

Memudahkan pelaku eksport import mendapatkan rekanan untuk saling bekerjasama

Di Indonesia sendiri, asosiasi eksportir sudah berdiri cukup banyak. Baik itu yang merupakan asosiasi dalam skala daerah, maupun dalam skala nasional.

Larangan dan Pembatasan Eksport Import

Dalam dunia eksport import, larangan masuk barang seringkali terjadi. Misalnya larangan eksport CPO oleh Kementrian Perdagangan. Ataupun larangan mengimport barang-barang yang berasal dari negara konflik. Ada tujuan baik dari pembatasan eksport import ini, di antaranya adalah:

Mencegah masuknya barang illegal dari negara yang terlibat konflik

Ada beberapa negara yang memiliki komoditi yang sangat berharga dan menyebabkan perebutan antar penduduk. Misalnya berlian di negara-negara Afrika.

Dengan adanya pelarangan pembelian berlian dari negara terlibat konflik akan mencegah terjadinya konflik karena perebutan berlian. Dengan demikian, tujuan pelarangan suatu barang dalam kasus ini adalah untuk meningkatkan perdamaian dunia.

Menguatkan Posisi Suatu Negara dalam Hubungan Internasional

Dengan melarang masuknya barang dari negara tertentu akan menyebabkan adanya nilai tawar suatu negara dalam sebuah hubungan bilateral. Misalnya bagaimana Indonesia melarang masuknya barang-barang dari negara Israel. Tujuannya adalah untuk menekan ekonomi Israel agar menyetujui kebijakan luar negeri Indonesia.

Menjaga Kestabilan Harga Barang Produksi Dalam Negeri

Kebijakan pemerintah tidak hanya pelarangan masuknya produk, namun juga pembatasan produk. Tujuannya adalah untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri tanpa menyebabkan terjadinya berlebihnya jumlah barang di pasar.

Sebagai contoh adalah produksi beras Indonesia yang begitu besar, namun tidak mencukupi kebutuhan 200 juta penduduk Indonesia. Pemerintah terpaksa mengimport beras, namun dalam jumlah terbatas. Tujuannya agar beras produksi local tidak harus banting harga agar bisa laku menghadapi beras luar negeri yang harganya jauh lebih murah.

Menjaga Keamanan Nasional

Sebuah barang bisa saja dianggap membahayakan sehingga tidak diperbolehkan masuk ke dalam sebuah negara. Sebagai contoh adalah bagaimana produk daging dari negara yang sedang bermasalah dengan virus flu babi dilarang masuk ke Indonesia.

Dalam kasus ini, spekulasi kapan produk tersebut akan kembali diperbolehkan adalah sebuah kebijakan yang sewaktu-waktu bisa dicabut. Oleh sebab itu, banyak spekulan menanti adanya kebijakan jenis ini.

Kebijakan Pemerintah untuk Mendorong Kemajuan Eksport di 2019

Di tahun 2019 ini, pemerintah masih terus menggenjot agar produk eksport Indonesia mampu bersaing baik di tingkat ASEAN, maupun tingkat dunia. Oleh sebab itu, pemerintah berusaha memberikan kebijakan-kebijakan yang dapat meningkatkan geliat eksport dalam negeri.

Untuk itu, pemerintah menciptakan 2 kebijakan besar pendorong kemajuan eksport dalam negeri. Darmin Nasution selaku menteri kordinator bidang perekonomian mengatakan bahwa pemerintah sangat memperhatikan industri apa saja yang memiliki:

Nilai yang tinggi

Potensi yang tinggi

Dan kesempatan yang tinggi

Setiap industri yang masuk dalam kriteria tersebut akan digenjot agar mampu menjadi orientasi utama pemerintah. Setiap produk dalam industri yang masuk dalam orientasi pemerintah akan mendapatkan beberapa keuntungan, di antaranya adalah:

Keringanan pajak

Kemudahan prosedur dan dokumen

Prioritas dalam pengiriman barang

Subsidi dalam pengiriman barang

Namun setiap produk akan diberikan keuntungan yang berbeda-beda, walaupun berada dalam jenis industri yang sama.Namun secara garis besar, adapun 2 kebijakan pemerintah dalam menunjang eksport import di 2019 ini adalah:

Pemercepatan Proses Investasi

Pemercepatan ini ditunjukkan pemerintah dengan semakin mempersingkat prosedur eksport dan import. Selain itu, kebijakanpun dibuat di mana terminal container hanya boleh menahan paling lama 1 minggu.

Perjanjian Kerjasama Regional dan Bilateral

Negara sangat memperhatikan kebutuhan para pemain eksport maupun import. Jadi tidak heran jika kebijakan pemerintah dibuat untuk meningkatkan hubungan baik antar negara. Dengan demikian, jika selama ini proses eksport import ke beberapa negara tertentu agak sulit, dengan adanya kebijakan ini proses eksport dan import menjadi jauh lebih mudah.

Lantas negara apa yang menjadi pusat perhatian pemerintah di 2019 ini?
Jawabannya ternyata adalah Australia dan Uni Eropa. Lantas apa yang bisa dimanfaatkan dengan adanya kebijakan ini? Ada beberapa hal yang bisa anda manfaatkan dari situasi ini, di antaranya adalah:

Mencari Produk-Produk Unggulan dari Australia dan Eropa

Ada banyak produk dari Australia dan Eropa yang tidak diproduksi di dalam negeri. Dan selama ini harganya cukup tinggi di dalam negeri. Beberapa contohnya adalah produk elektronik Eropa maupun produksi wol dari Australia.

Walaupun di Indonesia produk-produk tersebut ada, namun kualitasnya masih kalah jauh daripada buatan negara-negara Eropa ataupun Australia.

alt text

Menjual Makanan-Makanan Indonesia

Walaupun selera dan lidah orang luar negeri berbeda dengan Indonesia, namun banyak jenis makanan Indonesia yang bisa dikirimkan ke luar negeri. Sebagai contoh adalah rendang dan nasi uduk.

Memang pengiriman makanan cenderung sulit karena ada masa kadaluarsa, namun dengan pendistribusian yang baik karena adanya rekanan di luar negeri, maka setiap makanan yang anda pasarkan bisa laku dengan harga lebih dari 10x lipat. Salah satu pengambil peluang usaha ini adalah Ryan Darwin dari Majalengka yang menjual bakso ikan lele ke luar negeri memanfaatkan tidak adanya budidaya lele di negara Hungaria.

Walaupun pemerintah memberikan kebijakan pendorong kegiatan eksport import, namun kadangkala pemerintah memberikan kebijakan yang justru merepotkan beberapa pelaku eksport import. Bisa jadi produk anda yang terkena dampak merugikan.

Lantas apa solusinya?
Ada beberapa pencegahan maupun solusi yang bisa anda ambil untuk menghadapi masalah ini, di antaranya adalah:

Selalu Siapkan Asuransi

Ada beberapa asuransi yang siap menerima klaim karena adanya keterlambatan pengiriman barang, walaupun keterlambatan terjadi karena adanya aturan pemerintah. Solusi ini sangat baik untuk anda yang membutuhkan kepastian kapan barang akan sampai, dan memang membutuhkan barang itu segera.

Hindari Manipulasi Dokumen

Kesalahan banyak pemain eksport import adalah bermain curang dengan manipulasi dokumen. Ketika manipulasi tersebut ketahuan karena adanya kebijakan baru dalam pengecheckan, barang-barang anda bisa menjadi tertahan ataupun tersita.

Gunakan Jasa Import Resmi Jakarta

Kebijakan pemerintah yang selalu berubah untuk menyesuaikan keadaan memang sering menguntungkan, namun kerap merugikan. Jika anda tidak mau repot, menggunakan jasa import resmi Jakrta adalah solusinya. Anda tidak perlu repot atau kalang kabut memikirkan adanya kebijakan baru. Semua sudah ditangani oleh ahlinya, dan anda hanya perlu menikmati hasil.

Keunggulan Jika Menggunakan Jasa Import Resmi Jakrta

Seringkali biaya eksport maupun import naik secara tiba-tiba karena adanya perubahan tarif dalam eksport maupun import. Ataupun terjadi perubahan status lampu merah dalam perdagangan. Hal ini tentunya akan menyebalkan dan menyebabkan gangguan distribusi barang.

Namun hal ini tidak berlaku jika anda menggunakan jasa import resmi jakarta, atau berkonsultasi dengan penyedia konsultasi eksport/import. Mengapa? Karena mereka akan membantu anda untuk:

Waspada akan adanya isu perubahan kebijakan yang dapat merugikan anda

Bersiap mengambil langkah terbaik untuk menghadapiadanya kebijakan baru

Membantu mengatasi masalah akibat imbas adanya kebijakan baru

Membantu mencarikan anda solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut

Namun tentunya biaya jasa import resmi ini kebanyakan tidaklah murah. Oleh sebab itu disarankan untuk selalu menggunakan jasa import murah namun tetap resmi. Adakah?

Tentu saja ada. Karena penyedia jasa import Jakarta merupakan spesialis dalam perdagangan internasional dengan pengalaman dan jam terbang yang sangat tinggi. Kami siap membantu anda untuk melakukan eksport import tanpa perlu khawatir akan adanya perubahan system dan aturan baik di dalam maupun di luar negeri.

Tidak hanya itu, adapun keunggulan dalam menggunakan jasa import resmi jakarta adalah anda tidak hanya dibantu mengurus persoalan yang mungkin muncul akibat adanya perubahan aturan di dalam negeri. Dengan menggunakan jasa import resmi Jakarta anda juga akan dibantu mengurus persoalan yang muncul akibat adanya perubahan aturan di luar negeri.

Demikianlah informasi yang bisa diberikan seputar kebijakan pemerintah di bidang dunia eksport import ini. Semoga menambah wawasan dan menjadikan kita semua mampu bertahan di perdagangan yang penuh dengan aturan yang berubah-ubah ini.
Berita Memahami Kebijakan Pemerintah Dalam Perdagangan Internasional

Latest Berita

Langkah Tegas Bea Cukai Mengatasi PenyelundupanLangkah Tegas Bea Cukai Mengatasi Penyelundupan
Tindak pidana penyelundupan akan dipenjara selama maksimal 10 tahun ditambah denda sampai 5 miliar rupiah.
Penyelundupan Barang yang Semakin Marak di Indonesia
Kasus penyelundupan kian hari kian bertambah dan ada berbagai jenis barang yang diselundupkan.
Penertiban Impor Borongan Oleh Ditjen BC
Pemerintah mulai untuk melakukan penertiban import boronga yang marak dilakukan.
Logo Kirimanku
Alamat Kami
Jl. Sunter Pulo Kecil Blok A3 No. 4, Rt. 02 Rw. 10, Kel. Sunter Jaya, Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI Jakarta, 14360
Social Media
Copyright © 2021 - PT Triyasa Cipta Multimoda.,
Jasa Pembuatan Website by IKT