Bagaimana Cara Memeriksa HS Code ?

Bagaimana Cara Memeriksa HS Code ?

Dunia ekspor impor merupakan salah satu ranah yang begitu luas dan membutuhkan waktu untuk memahaminya. Melakukan perdagangan antar negara tentu tidak akan semudah melakukan perdagangan di dalam negeri. Pasalnya ada banyak klausul yang wajib anda penuhi dan sudah tentu ada banyak istilah yang harus anda pahami di dalamnya agar pihak penjual dan pembeli bisa saling memahami.

Perdagangan internasional memang lebih cenderung menggunakan berbagai kode dalam prosesnya. Hal ini dikarenakan salah satu kendala yang pasti muncul pada saat proses perdagangan dilakukan adalah kendala dalam berbahasa. Perbedaan bahasa sudah tentu jadi benteng besar yang menghalangi perdagangan tersebut. Karenanya semua pihak yang terlibat di dalam perdagangan internasional menciptakan sebuah istilah yang mewakili bahasa perdagangan.

Salah satu istilah yang wajib anda pahami terlebih dahulu adalah HS Code. Bicara dunia ekspor impor, rasanya tidak akan lengkap jika kita tidak melakukan pembahasan mengenai HS Code ini. Pernahkah anda mendengarnya? HS Code merupakan salah satu acuan yang digunakan oleh lebih dari 200 negara di dunia yang terlibat di dalam perdagangan internasional.

Pengertian HS Code dan Fungsinya

Sebelum kita langsung melakukan pembahasan mengenai cara memeriksa HS Code ini, tentunya akan sangat baik jika anda memahami lebih jauh HS Code itu sendiri. Pernahkah anda mendengar istilah satu ini? Perlu anda tahu, HS Code merupakan salah satu istilah yang paling sering digunakan di dalam proses perdagangan dunia dan menjadi istilah yang bersifat internasional. Kode satu ini biasa digunakan oleh para negara yang tergabung di dalam WCO atau Worlc Custom Organization.

Pengertian HS Code

HS Code adalah kependekan dari Harmonized System Code. Kode kode yang ada di dalam metode penomoran dan penggolongan satuini merupakan nomor nomor yang berfungsi sebagai klasifikasi atau filter terhadap segala produk yang diperjual belikan di dalam pasar perdagangan inernasional. Biasanya ada 10 digit angka yang ada di dalam HS Code ini. Tentunya setiap angka memiliki maknanya masing masing dan bisa difungsikan sebagai salah satu media pemberitahuan kepada pihak lain yang akan bertransaksi dengan kita.

HS Code ini sendiri menjadi standarisasi di dalam ranah perdagangan internasional dan setiap negara memiliki kewajiban untuk menerapkannya di dalam seluruh jenis perdagangan yang mereka lakukan ke luar negeri. Karenanya bagi anda yang memiliki rencana untuk melakukan trading ke luar negeri atau ekspor, pemahaman mengenai HS Code ini adalah sebuah kewajiban yang harus anda penuhi jauh jauh hari sebelumnya. Anda bisa juga menggunakan jasa ekspor impor seperti misalnya forwarding Jakarta untuk menghandle ketidaktahuan anda terkait hal ini.

Fungsi HS CODE
Berikutnya adalah fungsi dari HS Code ini sendiri. Perlu anda tahu, HS Code ini sudah terbukti membarikan banyak manfaat terhadap para trader yang terlibat dalam perdagangan internasional. Berikut inilah beberapa fungsi dari HS Code yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya.
Sebagai dasar untuk menetukan tarif Bea Cukai.

Memberikan banyak kemudahan dalam negosiasi dan transaksi internasional.

Menjadi acuan dasar dan memberikan kemudahan dalam melakukan kontrol terhadap jenis barang.

Memberikan kemudahan dalam melakukan penggolongan daftar barang yang seragam dan sistematis.

Mempermudah para trader dalam melakukan pengumpulan data dan data-data statistik dari total perdagangan yang ada di seluruh dunia.

Memberikan anda sebuah sistem internasional resmi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemberian kode beserta penjelasan dan penggolongan produk untuk memudahkan perdagangan.

Itulah beberapa manfaat dari keberadaan HS Code yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Dengan mafaat yang diberikan oleh HS Code di atas, proses transaksi di dunia ini menjadi lebih efektif dan efisien.

Cara Mengetahui HS Code Suatu Barang
Lanjut pada pembahasan selanjutnya adalah bagaimana cara untuk mengetahui HS Code sebuah produk atau barang jika kemudian anda kebetulan membutuhkannya. Pertanyaan seperti ini seringkali muncul bagi para trader baru. Tentunya pada kesempatan kali ini kita akan melakukan pembahasan secara detail mengenai cara untuk mengetahu HS Code dari suatu barang supaya tidak terjadi kesalahan dalam proses trading yang anda lakukan.

Mengunjungi Kantor Bea Cukai Secara Langsung
Langkah pertama yang bisa anda lakukan sebagai cara untuk mengetahui HS Code suatu barang adalah dengan mengunjungi kantor bea cukai secara langsung. Disana pasti akan ada banyak staff ahli yang akan menjelaskan segala hal terkati hal ini kepada anda. Tapi tentunya melakukan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terutama bagi anda yang berada jauh dari Jakarta.

Sebenarnya anda bisa juga menghubungi kantor bea cukai melalui telepon atau email, hanya saja proses tanya jawab pasti tidak akan berlangsung secara efektif. Akan lebih baik jika anda mengunjungi kntor bea cukai secara langsung jika masalah yang berkaitan dengan HS Code ini terbilang krusial atau harus anda selesaikan dalam tempo singkat. Ini bisa meminimalisir terjadinya kerugian yang mungkin anda dapatkan jika sampai terjadi keterlambatan.

Menggunakan Jasa Import Resmi Jakarta
Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan berkonsultasi terhadap para ahli di bidangnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan jasa eksport import resmi yang biasa ada di kota kota besar seperti misalnya Jakarta. Jasa import seperti ini biasanya memiliki staff yang berpengalamandan pasti mereka bis amenjelaskan segala hal yang berkaitan dengan hal ini dengan mendetail bagi anda.

Hanya saja mungkin dibutuhkan dana tambahan untuk menggunakan jasa resmi seperti ini. akan tetapi sudah tentu benefit yang akan anda dapatkan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan resiko biaya yang harus and akeluarkan di dalamnya. Opsi satu ini bisa menjadi solusi jika anda memang belum pernah melakukan trading di taraf internasional.

Mengunjungi situs Indonesia National Single Window (INSW)
Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mengunjungi situs Indonesia National Single Windows atau INSW yang bisa anda akses di alamat http://eservice.insw.go.id/. Situs satu ini merupakan salah satu portal data terlengkap bagi anda yang berencana untuk melakukan transaksi ke luar negeri atau sebaliknya. Setelah anda memasuki homepage situs INSW ini, anda akan bisa melihat beberapa fitur yang ada di dalamnya. Berikut ini paparan fitur yang ada di dalam situs INSW.

Indonesia National Trade Repository. Fitur satu ini merupakan salah satu sumber informasi data perdagangan terbesar di dalam negeri. Anda akan menemukan informasi mengenai HS Code di dalam fitur satu ini. Ada juga fitur untuk melakukan pengecekan Lartas Information di dalamnya serta data-data lain yang tidak kalah penting.
Yang kedua adalah Trade Simulation. Dengan menggunakan fitur satu ini anda akan bisa mengetahui seberapa besar nilai pajak dan pabean yang harus anda bayarkan kepada negara jika anda melakukan perdagangan sesuai dengan simulasi yang anda buat querinya.

Fitur lain yang tidak kalah penting di dalam situs INSW ini adalah Manifest Information. Menu satu ini bisa anda maksimalkan untuk melakukan pengecekan dan analisis terkait data data manifes barang barang yang kita import dari luar negeri.
Terakhir ada Exchange Rate yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan terhadap kurs pajak dan pabean yang terus mengalami perubahan per hari Rabu di setiap minggunya.

Mengacu pada fitur fitur dari situs INSW di atas, untuk mendapatkan data-data HS Code dari situs ini anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana saja seperti di bawah ini :

Pertama tama pastikan anda sudah terkoneksi dengan internet. Mengenai media penggunaan, anda bisa menggunakan laptop atau komputer serta smartphone anda untuk mengakses situs satu ini.

Selanjutnya masukkan alamat http://eservice.insw.go.id/ di atas ke dalam browser anda. Tunggu hingga anda memasuki halaman homepage dari situs INSW ini.

Setelahnya anda bisa memilih menu atau fitur “Indonesia NTR” atau “Indonesia National Trade Repository”.

Pilih Menu “HS Code Information”

Klik parameter dengan pasti dan selanjutnya pilih BTBMI

Setelahnya and ahanya perlu memilih menu “Description in Indonesian”

Masukkan kata kunci yang anda ingin cari seperti misalnya “TEMPE KEDELAI” tanpa tanda kutip.

alt text

Setelahnya akan muncul berbagai jenis HS Code yang memiliki keterkaitan dengan apel.
Anda hanya tinggal memilih kira kira produk apa yang sesuai dengan produk yang sedang anda cari HS CODEnya.

ika anda scroll ke bagian bawah, anda juga akan melihat seberapa besar biaya masuk, PPH dan PPN serta Lartas yang berlaku terhadap produk tersebut. lartas ini adalah larangan atau batasan yang ditetapkan oleh pemerintah terhadap suatu produk.
Setelah anda mengetahui cara untuk menemukan HS Code di atas, selanjutnya anda juga harus bisa membaca HS Code tersebut agar anda tidak melakukan kesalahan di dalam proses selanjutnya.

Klasifikasi HS Code Seringkali Memiliki Perbedaan
Cara melakukan pembacaan terhadap HS Code sebenarnya sangat mudah jika anda memahami alur pembuatan HS Code ini dari awal. Perlu and atahu sebelumnya, penerapan HS Code ini bukanlah sebuah hal yang bersifat mutlak. Jadi setiap barang akan memiliki kode yang sesuai dengan klasifikasi barang tersebut. Kalasifikasi tentunya hanya bisa dilakukan apabila informasi yang berkaitan dengan barang tersebut tersedia secara lengkap di dalam eksplanasi.

Karena itu jangan heran jika kemudian terkadang ada perbedaan HS Code antara satu barang yang sama. Biasanya hal ini dikarenakan keterbatasan informasi atau perbedaan pendapat antara orang orang yang melakukan pembuatan HS code terhadap barang atau produk ini sebelumnya.

Di pasara Indonesia sendiri, hal ini sudah diatur oleh kementrian keuangan yang berdasar pada pasal 14 ayat 2 Terkait Undang undang Kepabeanan Republik Indonesia No 10 yang dikeluarkan tahun 1995 dan sudah diamandemen secara resmi oleh Undang Undang No 17 yang dikeluarkan pada tahun 2006 terkait penetapan klasifikasi barang diatur lebih lanjut oleh Menteri Keuangan.

Perbedaan pendapat mengenai klasifikasi ini sudah tentu bisa menimbulkan keterlambatan dalam proses perdagangan. Akan tetapi hal ini jauh lebih baik dibanding dengan proses perdagangan jaman dulu dimana HS Code ini belum diterapkan dalam segala aspek yang berkaitan dengan perdagangan internasional. Karena itulah anda harus benar benar memahami tata cara pengkodean HS agar hal seperti ini tidak terjadi pada proses perdagangan yana anda lakukan.

Cara Membaca HS Code Dengan Mudah)
Peru anda tahu, HS Code ini merupakan bentuk nomenklatur yang terdiri dari beberapa bagian. Secara umum HS Code ini terbagi menjadi 21 bagian dengan 96 Bab dan memiliki kurang lebih 5.205 sub pos. Setiap kode HS ini merupakan susunan dari Pos dan Sub Pos yang sudah ditetapkan. Mengenai sistem penomorannya, 2 angka pertama pada kode HS merupakan BAB, a digit kemudian adalah POS dan sub pos di 6 digit kemudian.

Seperti sudah kita lakukan di atas, pada situs INSW kami memberikan anda gambaran untuk mencari HS Code dari Tempe Kedelai. Berdasarkan data INSW, HS Code dari tempe kedelai adalah 2106.90.99.00. Ini berarti susunan angka yang ditetapkan untuk produk tempe kedelai dan produk ain yang berkaitan terhadapnya sudah bisa ditebak dengan mudah.

Pertama angka 21 merupakan kalsifikasi berdasarkan BAB. Jadi tempe kedelai diklasifikasikan pada bab 21. Empat angka pertama yang ada pada HS Code tempe kedelai tersebut adalah menunjukkan Pos atau Heading pada sebuah produk. Dalam hal ini, angka 2106 berarti tempe kedelai diklasifikasikan pada pos tersebut. Selanjutnya adalah pengkodean 6 angka. Enam angka pertama pada HS Code Tempe kedelai yakni 2106.90 merupakan sub pos yang ditetapkan oleh pemerintah terhadap tempe kedelai itu sendiri.

Sedangkan digit yang ada pada nomor HS Code tersebut yakni digit ke 7 dan digit ke 8 merupakan pengkodean barang yang telah disetujui oleh negara negara yang ada di kawasan Asie Tenggara atau ASEAN. Lalu dua digit terakhir yakni digit ke 9 dan ke 10 merupakan kode khusus yang berasal dari pemerintah lokal atau dalam konteks ini berarti pemerintah Indonesia.

Menetukan Kode HS di Indonesia Berpedoman Pada BTKI 2012)
Mengenai penerapan kode HS di Indonesia, anda harus mengacu pada BTKI 2012 yang sudah dirancang oleh pemerintah. BTKI ini sendiri merupakan buku yang berisikan tarif beserta bea masuk dan bea keluaran yang sudah digunakan di negeri ini sejak tahun 2012. BTKI ini sendiri juga berisikan kode kode HS yang senantiasa digunakan sebagai acuan untuk melakukan panrifan beserta penanganan segala produk yang datang ke dalam negeri.

Untuk menentukan klasifikasi dari suatu produk secara benar dan akurat, akan sangat baik jika anda memperhatikan atau mencari pos tarif yang sesuai secara langsung. Hal ini akan membantu anda untuk memaksimalkan akurasi dan meminimalisir terjadinya kesalahan yang mungkin terjadi pada saat anda melakukan klasifikasi produk-produk ini.

Metode satu ini juga sudah terbukti mampu menekan biaya yang muncul akibat terjadinya kesalahan di dalam proses klasifikasi ini dan membuat and aharus menanggung resiko tambah bayar di dalamnya. Pastikan anda mengikuti metode dan langkah langkah yang sudah ditetapkan oleh pedoman BTKI dan KUM HS ini agar proses kelasifikasi yang anda lakukan bisa berjalan dengan lancar.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Kami berharap semoga paparan lengkap mengenai cara mencari dan menemukan HS Code ini bisa bermanfaat untuk anda dan bisa mempermudah proses transaksi internasional yang mungkin sedang anda lakukan.
Berita Bagaimana Cara Memeriksa HS Code ?

Latest Berita

Langkah Tegas Bea Cukai Mengatasi PenyelundupanLangkah Tegas Bea Cukai Mengatasi Penyelundupan
Tindak pidana penyelundupan akan dipenjara selama maksimal 10 tahun ditambah denda sampai 5 miliar rupiah.
Penyelundupan Barang yang Semakin Marak di Indonesia
Kasus penyelundupan kian hari kian bertambah dan ada berbagai jenis barang yang diselundupkan.
Penertiban Impor Borongan Oleh Ditjen BC
Pemerintah mulai untuk melakukan penertiban import boronga yang marak dilakukan.
Logo Kirimanku
Alamat Kami
Jl. Sunter Pulo Kecil Blok A3 No. 4, Rt. 02 Rw. 10, Kel. Sunter Jaya, Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI Jakarta, 14360
Social Media
Copyright © 2021 - PT Triyasa Cipta Multimoda.,
Jasa Pembuatan Website by IKT